SUTERA LABA-LABA

Selasa, 08 Desember 2009

BENANG JAHIT OPERASI DAN ROMPI ANTI PELURU
Selama riset kimiawi atas sutera laba-laba, benang sutera di ambil dari laba-laba dengan mesin-mesin khusus. Dengan cara ini bisa di peroleh 320 meter sutera perhari dari seekor laba-laba (sekitar 3 miligram tanpa melukainya)

Ilmu kedokteran adalah bidang lain di mana benang laba-laba yang di produksi dengan cara tersebut digunakan untuk melayani kepentingan manusia. Para ahli farmakologi di Wyoming, Amerika Serikat, menggunakan benang laba-laba Nephila sebagai benang jahit untuk beberapa operasi yang sangat sensitive seperti operasi pada tendon dan persendian.

Benang laba-laba adalah suatu protein yang utamanya terdiri dari asam amino,glisin, alanin, serin, dan tirosin. Perusahaan Du Pint telah memproduksi aneka serat sintetik dengan menggali formula kimia sutera dan dengan menentukan susunan molekul-molekul pembentuknya. Produk buatan ini dikenal dengan nama “Kevlar” merupakan serat organic yang paling canggih. Dengan kekuatan dan elastisitasnya, serat-serat sintetik Kevlar memiliki karakteristik fisik yang mendekati sutera laba-laba.

Serat yang terdiri dari rantai-rantai molecular panjang ini dapat di bengkokkan dan digunakan sebagai benang berkat konstruksinya. Hal tersebut karena daya tahan dan sifatnya yang ringan, bahan ini kini banyak di gunakan di berbagai bidang industri.

Kevlar digunakan pada sabuk pengaman mobil dan berbagai pakaian pelindung. Bahan penting ini juga banyak digunakan dalam industri pesawat terbang dan kapal laut sebagai bahan luar, dalam produksi kabel-kabel serat optic dan elektro mekanis dalam industri tali dan dalam aneka perabiotan olah raga.

Salah satu bidang terpenting yang memanfaatkan Kevlar diabad ini adalah industri persenjataan. Rompi anti peluru yang dahulunya terbuat dari baja, kini dibuat dari tenunan serat Kevlar yang tampilannya tidak berbeda dari kain biasa. Berkat sifat redam kejutnya, Kevlar mengurangi gaya tumbukan peluru. Ini merupakan temuan teknologi paling penting dan berguna. Meskipun demikian, kekuatan redam kejut serat Kevlar yang merupakan tiruan laba-laba ini, kekuatannya hanyalah sepertiga dari kekuatan redam kejt sutera laba-laba.

Disini ada kesimpulan dan peringatan penting bagi siapa saja yang memikirkan fakta bahwa pusat-pusat riset ilmiah dengan teknologi terbarunya hanya mampu menghasilkan tiruan dari sutera buatan laba-laba dengan mutu yang lebih rendah.

Berita Terkait:

6 komentar:

kaef mengatakan...

Nice Blog...berkunjungan ke sahabat

kahfilyzer mengatakan...

riset yg bagus plus artikel menarik sob

denadnan mengatakan...

memang ALLAH tidak sia-sia dalam menciptakan makhluk.

kelirirenk mengatakan...

Sang Pencipta tidak tertandingi,
Padahal kevlar adalah serat paling canggih buatan manusia saat ini

Yogi Doank mengatakan...

nice info..4JJ1 Maha Kuasa..kita g mngkin lebih dari-Nya..eh bro aq dah follow.mw ngetik di shoutmix g bs,mngkin layar q yang resolusinya renda..makasih ya dah visit,please back anytime do you want

Lukisan Abstrak mengatakan...

allah sungguh maha kuasa,..

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video