watervang

Selasa, 26 Januari 2010

KabarLinggau.Com- Watervang merupakan sebuah bendungan air Sungai Kelingi yang dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1941. Fungsi utama dari bendungan ini adalah untuk pengairan persawahan yang luasnya ± 8.000 ha yang terletak di kawasan sepanjang Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai ke Kecamatan Tugu Mulyo dan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

Di samping fungsi utama bendungan sebagai pengairan persawahan juga objek wisata, yang akan memberikan nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Watervang juga, memiliki nilai historis bagi bangsa Indonesia pada umumnya dan kabupaten Musi Rawas serta Kota Lubuklinggau pada khususnya.
 Objek wisata ini hanya terletak 2,5 km ke arah barat dari titik 0 Km Kota Lubuklinggau. dan banyak di kunjungi oleh masyarakat kota lubuklinggau, maupun dari luar kota bahkan propinsi terutama pada hari minggu terlebih lagi pada musin liburan sekolah.


Jalan masuk ke kawasan wisata bendungan watervang,dari jalan masuk ke lokasi wisata hanya berjarak 400 m.



 
 
 

 
 
 
 
 
Jika sobat semua berkunjung ke kota Lubuklinggau.... tentu jangan sampai melewatkan tempat wisata ini..

Berita Terkait:

35 komentar:

dogan cengkir mengatakan...

maksih infonya sobat, kapan - kapan saya akan jalan kesini sobat,,,

fathi mengatakan...

banyak ya tempat wisatanya.. bagus-bagus lagi..

Pencari Inspirasi mengatakan...

Indah juga tempat nya sob, oh ya watervang juga sudah dimanfaatkan oleh pln belum ya??

Rizky2009 mengatakan...

wah keren nihtempatnya

Good trik mengatakan...

sepertinya perlu di kunjungin tuh....

curhat mengatakan...

bagus ya tempatnya.....banyak teman gue dilinggau.

REFLEKSI mengatakan...

Pemandangan yang indah sob, siiiippppp

O Channel mengatakan...

wow...indahnya

HAPIA Mesir mengatakan...

indah juga pemandangannya ni sob...

Galeri mengatakan...

wuiihh...asik banget yak, jadi pengen kesana nih. mudah2an saja nanti saya bisa berkunjung kesana sob.

den-adnan mengatakan...

warisan yang masih bisa dimanfaatkan...

wandhe mengatakan...

pengen kesana, heheheheheeh
daerah mana, nich, dituungu yh,

Parenting mengatakan...

Indahnya... gambarnya mantap pula

Yudan Fahmie mengatakan...

bedanya apa dengan waterbom?? hhhe...(becanda) nice post....!!

Narzis.net mengatakan...

Wah...sayangnya jauh tu tempat wisata...
Maklum, saya di Jayapura mas :D

omyo mengatakan...

asssik bener tempatnya!
seru tuh banyak cewenya :D

oppie mengatakan...

sippp lahhh jangan berenang di situ yahh

abu mengatakan...

Subhanallah.. Pemandangan yg sangat indah...pngn main ksana nih..brp ongkosnya pa???

Artikel Agama mengatakan...

indah ya sob bumi kita....

Ardiawan.com mengatakan...

wah, jadi pengen ke Lubuk Linggau nich..

mas doyok mengatakan...

semoga terawat gak kayak di jakrata ya mas

Andri Wiyasa mengatakan...

Wah, informasinya menarik banget... Thx dah berkunjung. Semoga sukses selalu dan...

Salam YAKIN SUKSES !!!

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

bawa ban dulu, nanti hanyut, ribet, hehehe

akhatam mengatakan...

Wih mantap deh...

Bunglon Blog mengatakan...

wah kapan2 tak mampir ke linggau bang hehe...

Oemar mengatakan...

Ehe.. kayak bendungannya di desa ku.. :D
Namanya keren euy.. Waterfang..

pujangga_cinta mengatakan...

wah , tempat wisata yang bagus. jadi salah satu acuan tempat wisata alam baru nech.... thanks atas infonya

Harri mengatakan...

Wisatanya indah bgt....... boleh buat mancing.....gak

Berita Bola mengatakan...

wah, sudah tua banget ya bendungannya tapi tetap terawat ya

syafran mengatakan...

Satu lagi aset kota Lubu Linggau. Ada satu hal yang kurang diperhatikan oleh pihak pemkot, bahwa watervang ini disamping sebagai objek wisata yang sangat indah, ternyata juga mempunyai nilai "historis", bukti adanya geliat ekonomi masa penjajahan belanda (1940-an). Juga menjadi media pembelajaran, bagaimana sebuah bangsa (Belanda) membangun 'dam' dan irigasi yang mampu bertahan setelah 70 tahun kemudian? (Coba bandingkan dengan karya bangsa kita, misalnya proyek bendungan dan irigasi air Gegas.
Jagi Pemkot dapat menjadikan objek wisata ini sebagai wisata pendidikan, tentunya dengan menata sedemikian rupa, dan dikelola secara profesional, menyediakan pemandu yang mampu menjelaskan sejarah, manfaat, penggunaan dan semuanya sehingga bermanfaat bagi anak-anak didik. Tidak seperti sekarang (maaf,..kalau belum berubah masa-masa saya sering kesana 1985-1990) watervang menjadi tempat 'besindo' yang bernuansa maksia. Ya....terima kasih tuk rekan "kabar Linggau". Bagimana dengan temam?...Air Terjunnya....adalah niagara kecil?

Putra Linggau mengatakan...

untuk rekan syafran... thanks atas perhatiannya dengan blog ini... watervang masuk salah satu dari tiga kawasan wisata yang akan di kembangkan pemkot Lubuklinggau.
untuk air terjun temam mungkin di kemudian hari akan aku posting.. soalnya belum sempat ke lokasi..

Beranda Jiwa mengatakan...

hi.....
is my first time to visiting here, wow so nice blog u have.
nice post my friends...

WINARDI mengatakan...

Wah jadi membuatku terkenang lagi 11 tahun yang silam karena aku sempat berkunjung kesini..meski pun kini hanya tinggal kenangan namun kenangan itu masih jelas dlm ingatanku,karena bagai manapun aku juga lahir dan dibesarkan di sumsel juga...!!
Terima kasih Bang sudah mengingatkan aku...Terus semangat dan terus posting tempat2 Wisata di LubukLinggau dan sekitarnya...

Putra Linggau mengatakan...

thanks atas semua komentar sobat..semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua

Anonim mengatakan...

nah,,,laju pengen balek,,,,,

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video