Mencegah Penyebaran JERAWAT

Selasa, 24 November 2009

Wajah yang berjerawat sering kali merasa kurang percaya diri.. Perlu dilakukan perawatan ekstra agar kulit wajah terhindar dari musuh membandel. Selain menimbulkan bekas jerawat, efek utamanya adalah pada jiwa seseorang, seperti krisis percaya diri.

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12 – 25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.
Mitos yang beredar, misalnya berkaitan dengan makanan. Sebenarnya coklat, snack, gula, susu, dan seafood tidak ada hubungannya dengan penyebab jerawat.

Penyebab Jerawat
Ada beberapa factor yang menyebabkan jerawat : stress, keturunan, salah satu factor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah menigkatnya produksi hormone testosterone yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak ( sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan. Namun demikian dapat dikelompokkansebagi berikut:

• Faktor Hormonal
Biasanya, jerawat bermunculan pada masa sebelum haid atau masa pubertas.

• Infeksi
Tangan tak bersih yang di gunakan untuk memencet-mencet komedo bisa menyebabkan infeksi pada kulit dan menimbulkan jerawat.

• Keturunan
Mereka yang berjerawat, 70% memiliki orang tua yang berjerawat.

• Kotor
Membiarkan kulit wajah terlalu lama berada di bawah sinar matahari dengan kondisi udara berpolusi dan lembab.

CARA MENCEGAH :

1. Jaga kebersihan wajah
Bersihkan wajah minimal dua kali sehari, sebagai seorang muslim berwudhu lima kali sehari dapat membantu control terhadap kebersihan wajah.

2. Kenakan masker
Pilih masker wajah yang khusus untuk mengangkat kotoran wajah secara mendalam, atau purifying mask. Masker ini umumnya berbahan dasar Lumpur ( mud mask ) atau tanah liat (clay mask) yang efektif untuk mengangkat kotoran serta minyak diwajah. Bisa juga dengan masker madu atau jeruk nipis. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.

3. Konsumsi vitamin
Makanan yang banyak mengandung vitamin A ( agar kulit tidak bersisik, banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah), Vitamin C ( antioksidan, banyak terdapat pada tomat, papaya, jambu, belimbing) dan vitamin E (untuk gangguan regenerasi pada kulit, banyak terdapat pada sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian)

4. Jangan pencet jerawat
Tangan yang kotor pada saat anda memegang dan memencet jerawat memicu meningkatkan minyak dan kotoran di wajah, sehingga jerawat timbul semakin banyak.

5. Singkirkan rambut dari wajah
Rambut akan menjadi kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat pindah kewajah kita dan dapat menimbulkan jerawat.

6. Cuci sarung bantal dan seprai secara teratur
Rambut yang kotor dan wajah yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah dari sarung bantal atau seprai saat kita menggunakannya.

7. Minum 8 gelas sehari
Konsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat yang tidak berguna yang ada pada tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

8. Kurangi penggunaan Kosmetik
Hapus kosmetik wajah secara menyeluruh sebelum tidur agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Sumbatan membuat pori-pori tidak bernafas dengan baik.Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air yang dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat di bandingkan dengan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Berita Terkait:

8 komentar:

prafangga mengatakan...

satu lagi jangan kebnyakan begadang xixixi

alaysdy mengatakan...

kurangi pikiran juga>> misal ma pacar hehehe. makasih infonya broew...

jaya mengatakan...

makasih ni tips nya... keep posting sob

Firex Santos mengatakan...

heh e... we juga penuh jerawat sob...... obatnya hanya satu....... jangan suntuk.... wkwkwkkk

azizal mengatakan...

katanya kalau orang sering onani juga, merangsang tumbuhnya jerawat..he, nais inpoh

mascipul mengatakan...

pake ponds sob, dijamin ilang jerawatnya. hohoho (promosi...hehehe)

Irfak mengatakan...

wah!! sipp sob infonya!! tapi q suka pake' sabun pembersih jerawat!! karena effect yang di timbulkan gak terlalu berbahaya

Anti sandbox mengatakan...

wah ne bisa bikin face keren bin PD he he, trims

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video