Falsafah Lambang Kota Lubuklinggau

Jumat, 25 Desember 2009

Mengenal Falsafah dari Lambang Kota tentu sangat penting bagi setiap warga kota , dengan mengetahui arti dari falsafahnya, kita dapat mengenal dan mengetahui misi,visi,pandangan,sejarah,ataupun segala potensi yang di miliki kota tersebut.
berikut ini di sajikan Falsafah dari Lambang Kota Lubuklinggau :

 

PRISAI
Prisai merupakan alat perlindungan dalam pertempuran, dari bentuk prisai dimana terdapat 5 ( lima ) buah sudut yang mencerminkan Kota Lubuklinggau merupakan bagian wilayah Republik Indonesia yang mempunyai 5 ( lima ) unsur pramugari Pertahanan Negara yang berasal dan timbul dari rakyat sendiri yakni :

1. Angkatan Darat
2. Angkatan Laut
3. Angkatan Udara
4. Kepolosian
5. Pemerintah Sipil


BACKGROUND MERAH BERTULISKAN KOTA LUBUKLINGGAU





Background merah melambangkan kerja keras, semangat tinggi, berani, memberikan makna pada penyelenggara pemerintahan terdiri dari pahlawan-pahlawan, ilmuan, cendikiawan juga lapisan masyarakat sebagai tombak perkembangan daerah menuju Adil dan Makmur di Kota Lubuklinggau.


BUKIT SULAP
Bukit sulap yang terletak di Radius Kota Lubuklinggau berwarna hijau memberikan makna subur, makmur, berkemauan keras, tumbuh segar.


RODA KEMUDI KAPAL
Roda Kemudi Kapal melambangkan penyelenggaraan roda Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota.




PADI DAN KAPAS
Warna kuning emas padi melambangkan biji padi masak merupakan sumberdaya potensi yang cerah sudah pantas dikelolah dan Hijau / putih Kapas merupakan lambang, luhur, tumbuh segar, subur makmur sebagai sumber kelangsungan hidup masyarakat yang dijumpai sepanjang musim.

5 (LIMA) GARIS KEANEKA RAGAMAN PENDUDUK
5 garis Kuning Emas bergelombang melambangkan potensi yang cerah perlu dilestarikan merupakan bermacam budaya Asli dan campuran yang berada di Kota Lubuklinggau mereka saling mengerti baik bahasa maupun adat istiadat :
1. Bahasa adat Musi
2. Bahasa adat Rawas
3. Bahasa adat Saling
4. Bahasa adat Rejang
5. Bahasa adat Campuran

3 (TIGA) JALUR PENGHUBUNG PROPINSI
3 garis segitiga kuning emas bertemu titik sudut pandang kearah Pusat Kota melambangkan potensi yang cerah perlu digali, dikembangkan merupakan kota Transit yang dapat menghubungkan 3 kota antara lain Jambi, Lampung, Bengkulu.

AIR (SUNGAI KELINGI)
Sungai kelingi berwarna biru melambangkan menghimpun, cerah semangat tinggi sebagai potensi alam yang terus dikembangkan menjadi Sumber Kehidupan Masyarakat.


PITA PUTIH BERTULISKAN SEBIDUK SEMARE
Warna Putih Pita melambangkan tali pemersatu antar masyarakat berdasarkan keluhuran, kesucian dan bertuliskan SEBIDUK SEMARE Secara Konotasi Sebiduk berarti Tempat atau Wadah
Semare Berarti. Tujuan.
Sebiduk Semare Berarti Satu Wadah/ Tempat dengan Satu Tujuan.

Berita Terkait:

3 komentar:

Pekanbaru Riau mengatakan...

wah... dalambanget tuh maknanya bro...
kren deh....

asli anak linggau mengatakan...

itu makna asli kota lubuk linggau

Linggau Comunity mengatakan...

mas..
hello..
asli anak Linggau ya :)

saya juga anak Linggau..

Salam kenal dari saya, Jefferly.

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video