Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya

Minggu, 17 Januari 2010

KabarLinggau.Com-Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya ini terletak di sebelah utara lapangan Merdeka di hadapan Museum Subkoss Garuda Sriwijaya, dimana pada waktu peresmian Monumen , Museum Subkoss Garuda Sriwijaya masih merupakan Rumah Jabatan Bupati KDH TK.II Musi Rawas ( Museum Subkoss Garuda Sriwijaya akan di Posting pada artikel yang berbeda)

Salah satu tujuan di bangunnya Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai juang dan kepahlawanan para pejuang kemerdekaan pada masa revolusi fisik tahun 1947-1949. pada waktu itu Kota Lubuklinggau merupakan pusat Pemerintahan sipil dan Pusat Komando Tertinggi TNI untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan yaitu Sub Komando Sumetara Selatan (Subkoss)

Monumen ini di bangun pada tahun 1986 oleh pemerintah Kabupaten Musi Rawas atas prakarsa Gubernur KDH TK.I Sumsel H.Sainan Sagiman, dan diresmikan sekaligus penandatanganan Prasasti monument oleh Gubernur KDH TK.I Sumatera Selatan H.Sainan Sagiman pada tanggal 13 Februari 1987.


Tampak depan (dari sebelah selatan)


Tampak Belakang (dari sebelah utara)


Tampak samping ( dari sebelah barat)


Tampak samping ( dari sebelah timur )
 

Pada tanggal 15 Januari 1988, Menko Kesra RI LETJEND.PURN. H. Alamsyah Ratu Prawira Negara Meresmikan pemasangan nama-nama tokoh Pejuang Subkoss yang tertuang dalam prasasti pada batang tubuh Monument Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya, meliputi :


{Untuk memperbesar & memperjelas gambar atau tulisan pada prasasti : silahkan di "KLIK"}
Personil TNI Subkoss periode Juli 1947 – Desembar 1948 Markas Komando di Lubuklinggau



Lima Brigade di bawahnya :
1. Brigade Garuda Merah / Sub Territorial Palembang (STP) Basis Kom.Muara Beliti.
2. Brigade Garuda Putih / Sub Territorial Djambi (STD) Basis Kom. Kota Jambi




3. Brigade Garuda Hitam / Sub Territorial Lampung (STL) Basis Kom. Tanjung Karang.
4. Brigade Garuda Emas / Sub territorial Bengkulu (STB) Basis Kom.Bengkulu.
5. Brigade Garuda Dempo Basis Kom.Pagar Alam



Foto di bawah ini adalah Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya, pada saat pertama kali di resmikan,.. sebelum akhirnya di rombak/pugar menjadi monument yang terdapat pada foto diatas..




Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya yang sekarang dapat kita lihat perbedaannya yaitu :
1.Tinggi monument sekarang lebih rendah dari yang dahulu.
2. Lambang Garuda Pancasila diganti dengan Lambang Burung Garuda seperti pada lambang Bendera Subkoss Garuda Sriwijaya.

Berita Terkait:

35 komentar:

akhatam mengatakan...

Wah info bagus sobat!!

fadiL__ mengatakan...

semangat kepahlawanan,,,


Comment & baca jg :fadiL bLog : Pemanfaatan teknologi di Sekolah

mas doyok mengatakan...

banyak ya mas objek idsana :)
kalau plesir ke linggau
bisa dijadwal nih

sariphusin mengatakan...

mantap postingannya,,
gambarnya dari mana mas

gi mengatakan...

Wah kapan yak saya bisa berkunjung kesana, bagus banget, Artikel soerang profesianalnya kelihatan banget...lanjutkan sobat, saya tunggu Artikel berikutnya. terima kasih.

Satu acungan jempol saya BLOGNYA BAGUS BANGET sob.

(ajari saya donk..?)

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

salam hangat!

jalan2 dari kampung.. hehe

aryanto mengatakan...

jadi tau nih ....sejarahnya...dulu cuma lihat monumennya saja...terima kasih bro

Pepi mengatakan...

wahh ini dia sob... Postingan yang bisa menumbuhkan semangat nusantara.. dan rasa patriotisme serta semangat kepahlawanan tetap mengalir dalam darah Muda generasi bloger indonesia saat ini... Merdeka....

Yan futaki mengatakan...

wah sejarah...
aku ga begitu tertarik seh dengan sejarah, males banget ngapalinnya..
tapi klo ga ada sejarah, pasti ga akan ada jati diri bangsa ini...
keep post ya gan.

bolang mengatakan...

wah bagus bgt monumennya sob, kapan2 maen ke sono ah, tapi jauh bgt sih :p

EgaBlogSpot mengatakan...

Wah, bagus bener kota ni

Berita Bola mengatakan...

Salut buat kamu, salah satu cara mengenang dan menghargai jasa para pahlawan

asep canda mengatakan...

wow keren banget tuh menara sob kpn kpn main ah kesana

den-adnan mengatakan...

benar2 sangat cinta tanah air nih sahabatku, terus berjuang ya....

BEBEN (Prodigy of Head) mengatakan...

itulah bukti para pahlawan...
skrg apa kt bs membuktikan seperti para pahlawan kt yg terdahulu???
nice post....^_^
http://beben-koben.blogspot.com/

dfian mengatakan...

dengan adanya informasi ini, kita dapat mengetahui bangunan bersejarah di luar sana yang belum terkekspos media..
maju terus blogger indonesia

andry sianipar mengatakan...

Salam Super -
salam hangat dari pulau Bali-
maju terus kabarlinggau.com
sukese untk Anda...

nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

Weleh.. manteb gambarnya.. eehe

abe mengatakan...

wah keep posting aja sob...
bagus banget buat memperkaya pengetahuan tentang kekayaan wisata di tanah air sendiri...

Blog Unik mengatakan...

blog ama artikel keren2...

sahabat informasi mengatakan...

Makasih kunjungannya sahabat,


wah nice blog, jago xml ya........???

tab gitar mengatakan...

manteb sob,,jadi emgningtkan akan suatu hal,
thx

udin mengatakan...

nice info .. thx

asep on blog mengatakan...

semangat seperti ini yang harus kita jaga

sukses selalu

syafran mengatakan...

Sejarah yang hampir terlupakan.....terus terang generasi muda Linggau banyak yang tidak tahu ini?...Mungkin buat para pendidik...sekali-sekali anak-anak didik diajak belajar dengan langsung mengunjungi monumen-monumen sejarah seperti ini. kalau ngak salah di depannya adalah lapangan merdeka, dengar-dengar dulu lapangan itu adalah tempat upacara pasukan pejuang dari semua sektor yang kumpul di kota Linggau...kenapa lapangan itu tidak dilestarikan?......

kak roni mengatakan...

mantap monumennya, biar rakyat saat ini ingat perjuangan para pendahulu.
sukses luar biasa cerdas untuk anda semua

puspitasaridevy mengatakan...

dwuh sejarah y?ak kurng ska hi3..
tp bagus kuk bwt nambah2 ilmu he3

rohayati mengatakan...

minta komen...salam kenal

RAJA FRESH mengatakan...

bagus sekali dan benar2 monumental ya...supaya generasi mendatang bukan hanya mengingat tp jg memaknainya

Omyo mengatakan...

wah mesti dijaga monumennya!!
sejarahnya menarik

udin ads mengatakan...

bagus2 kali ya gambar nya itu

Ardhiansyam mengatakan...

menarik, simbol dari perjuangan...

Anonim mengatakan...

SARAN : iye sih llg punya potensi wisata sejarah (haritage tourism)buat dikembangin!!tp pemeritahnya kayanya mah kurang peduli ma potensi ini ya!!coba dllg tuh d kembangin wisata tour the city atau kaya dBandung itu trus dpasarin k sekolah-sekolah atau masyarakat pasti objek tersebut pnya mamfaat lebih y kan??!!trus sy ngeliat program trsebut cukup berhasil!!subkost pasti ada kegiatan g cuma setaun sekali (pas 17-agts doang)bisa jd pemasukan buat pemerintah n yg penting tuh bisa ngebuka lapangan pekerjaan baru buat masyarakat llg.

Iyan mengatakan...

good'
best lubuklinggau . . .
mari semua kita tumbuhkan rasa nasionalisme,

eko mengatakan...

AKU HARAP MUSEUM SUBKOSS GARUDA LUNUK LINGGAU BISA DI BUKA LAGI
AAMMIINN!!!!

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video