- KECAMATAN LUBUKLINGGAU TIMUR I -

Senin, 22 Februari 2010

GELIAT PEMBANGUNAN MERUJUK ISU KAWASAN PERKOTAAN

Posisi kawasan kecamatan ini cukup strategis. Berada di sekitar pusat-pusat kegiatan, seperti perdagangan, jasa, pendidikan dan industri. Untuk kawasan permukiman, luasan terbesar terdapat di kelurahan Nikan Jaya. Pada hampir sebagian besar wilayah yang sejajar (lapis pertama) dengan jalan Yos Sudarso telah berkembang berbagai fungsi komersial. Fungsi permukiman paling mendominasi penggunaan tanah di bagian lapis belakangnya.

Pola ruang kecamatan Lubuklinggau Timur I bertumpu pada jalur jalan Yos Sudarso dan sungai kelingi. Jalur jalan dan sungai ini menjadi kerangka utama kawasan kecamatan Lubuklinggau Timur I yang melayani system pergerakan antar wilayah dan juga berperan sebagai nadi utama system hubungan di dalam kecamatan Lubuklinggau Timur I. sehingga di katakana jalur jalan tersebut berfungsi rangkap, primer dan sekunder

Sebagaimana system jaringan jalan di kota, fungsi kegiatan juga terdiri dari dua jenis, yakni fungsi primer dan fungsi skunder. Bila fungsi sekunder memberikan pelayanan terutama bagi internal kebutuhan kawasan dan perkotaan, maka fungsi primer mempunyai pelayanan eksternal melayani fungsi regional :

a. Fungsi primer lain :
- perdagangan dan jasa di sepanjang jalan Yos Sudarso segmen kelurahan Taba Jemekeh dan kelurahan Taba Koji (BWK Pusat Kota)
- Bandar udara di kelurahan Nikan Jaya
- Wisata alam di kelurahan watervang

b. Fungsi Sekunder:
- permukiman dengan kepadatan sedang
- perdagangan skala kecil
- perkantoran

sumber tulisan : spirit linggau

Berita Terkait:

5 komentar:

Parenting mengatakan...

Moga pembangunan di Linggau semakin menggeliat dan makin maju ^_^

Pepi mengatakan...

Kota Lubuk Linggau harus ditingkatkan lagi infrastrukturnya... Semangat Bang putra

mas doyok mengatakan...

semoga makin terus berkembang ya mas :)

Arief Nur Indra mengatakan...

sukses selalu mas,,,
http://caraindra.blogspot.com/

akhatam mengatakan...

Sukses terus dah...!!!

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video