- KECAMATAN LUBUKLINGGAU BARAT II -

Jumat, 19 Februari 2010

GELIAT PEMBANGUNAN MERUJUK ISU KAWASAN PERKOTAAN
Bilamana Kecamatan Lubuklinggau Barat I di jadikan pusat pemerintahan, lain halnya dengan Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Melihat dari letak dan potensi yang ada, kecamatan ini tampaknya layak menjadi pusat perkotaan. Dimana :

- keberadaan jalan Arteri primer ( Jl. Yos Sudarso), Stasiun KA dan Jl. Garuda merupakan potensi bagi pengembangan aktivitas perkotaan terlebih dengan pengembangan kota Lubuklinggau sebagai pusat layanan wilayah di Propinsi Sumatera Selatan.
- Sebagai salah satu kota transit bagi Sumatera Selatan
- Kawasan pusat kota Lubuklinggau memiliki potensi ruang terbuka hijau yang mendukung pendirian landmark yang menjadi cirri khas kota Lubuklinggau. Masjig Agung, RTH berupa taman makam pahlawan di kelurahan Lubuklinggau Ulu dan Lapangan Merdeka.
- Situs Benteng Kuto Ulak Lebar yang ada di kelurahan Sidorejo dan kawasan Museum Subkoss Garuda ( yang di kembangkan menjadi taman kota) dapat menjadi salah satu potensi bidang pariwisata.
- Pola penggunaan lahan campuran (mixed land use) telah banyak terjadi. Hal ini menjadikan masalah pengaturan zoning (zoning regulation)

Berdasarkan penggunaan lahan dan dukungan dari kondisi fisik alami maka wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat II sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan perkotaan. Komposisi kawasan terbangun yang ada di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat II terdiri atas permukiman, perdagangan jasa dan perkantoran.

Sumber tulisan : Spirit Linggau

Berita Terkait:

2 komentar:

aryanto aj mengatakan...

selamat siang sahabat, selamat beraktifitas di hari minggu ini...

Anonim mengatakan...

Stasiun Lubuklinggau itu tepatnya di kelurahan apa yah?

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video