- KECAMATAN LUBUKLINGGAU BARAT I -

Jumat, 19 Februari 2010

GELIAT PEMBANGUNAN MERUJUK ISU KAWASAN PERKOTAAN
Secara geografis kecamatan Lubuklinggau Barat I merupakan kecamatan dengan posisi paling barat dari kota Lubuklinggau yang berbatasan langsung dengan propinsi Bengkulu. Perkembangan kegiatan di kecamatan ini sangat di pengaruhi oleh perkembangan kota Lubuklinggau. Pada saat mendatang kecenderungan perkembangan kota Lubuklinggau ke arah barat akan besar. Oleh sebab itu, pengembangan kawasan ini di lakukan dengan di dasarkan beberapa dasar pemikiran sebagai berikut :

- kawasan kelurahan kayu ara, sebagai ibu kota kecamatan, merupakan kawasan yang di kembangkan dengan mempertimbangkan besarnya kecenderungan perkembangan kawasan perkotaan Lubuklinggau ini.
- Perkembangan kegiatan di koridor utama Jl.Garuda saat ini memiliki kecenderungan yang cukup besar, khususnya untuk peruntukan kegiatan campuran antara permukiman, komesial, jasa dan pemerintahan, dimana perkembangan ini tidak dapat di hindari dan karenanya harus di kelola agar tifdak menimbulkan permasalahan atau eksternalitas negative
- Dengan identitas kota lubuklinggau sebagai kota kedua di propinsi Sumatera selatan 2025 kerananya pengembangan kecamatan Lubukinggau Barat I juga di arahkan untuk mendukung identitas tersebut.

Berdasarkan rencana tata ruang wilayah kota Lubuklinggau, arah pengembangan untuk kecamatan Lubukinggau Barat I di sesuaikan dengan karakteristik wilayah saat ini berorientasi kepada kegiatan utamanya adalah :

- pusat kegiatan pemerintahan
- pusat perekonomian skala local
- pusat permukiman dan perumahan

di pusat kecamatan Lubukinggau Barat I mulai terbentuk permukiman perkotaan secara intensif sejalan dengan perkembangan kegiatan perdagangan dan jasa yang cukup pesat. Di lihat dari pola ruangnya terdapat karakteristik sebagai berikut :

- Kegiatan komersil ( perdagangan dan jasa) berorientasi di pusat kota ( kecamatan Lubuklinggau barat II) dan di jalur-jalur utama kawasan kecamatan Lubuklinggau Barat I
- Kegiatan permukiman berkembang pada daerah belakang jalur utama dan sudah terbentuk kegiatan permukiman yang cukup padat.
- Lahan-lahan pertanian yang terdapat di kawasan kawasan kecamatan Lubuklinggau Barat I, sudah mulai terjadi peralihan fungsi menjadi lahan permukiman
- Pengembangan permukiman secara missal (oleh delevor), hal tersebut mengindikasikan bahwa kebutuhan pengembangan permukiman cukup tinggi di kawasan kecamatan Lubuklinggau Barat I
- Di Pusat kawasan kecamatan Lubuklinggau Barat I terdapat lahan kosong yang di alokasikan untuk pembangunan pusat kegiatan dan olah raga. Hal tersebut di perkirakan akan memberikan dampak terhadap perkembangan kegiatan permukiman di sekitar kawasan kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Sumber tulisan : Spirit Linggau

Berita Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video