1 Ramadhan 1431 H hari Rabu 11 Agustus 2010 M

Selasa, 10 Agustus 2010

KabarLinggau.Com - Rapat Isbat di kantor Kementerian Agama RI, Jalan Menteng Raya, selasa (10/8), Suryadharma Ali, Menteri Agama RI, akhirnya menetapkan  1 Ramadhan 1431 H Jatuh Pada hari Rabu besok, 11 Agustus 2010. Dengan demikian umat islam dapat menjalankan ibadah puasa besok.

"Oleh karena itu, perkenankan saya menetapkan bahwa 1 Ramadhan 2431 Hijriah jatuh pada 11 Agustus 2010," Ujar menteri agama yang di susul ketukan palu.

Penetapan awal Ramadhan itu berdasarkan laporan dari badan hisab rukyat agama mengenai penampakan hilal atau bulan baru yang menandai awal bulan Ramadhan, serta berdasarkan informasi dari berbagai sumber."Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita di terima Allah SWT dan marilah sidang isbat ini kita tutup sidang," ujar Suryadharma Ali sambil mengetuk palu kedua.

Sebelumnya, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Lapan dan beberapa ormas Islam yang hadir dalam sidang isbat itu, juga sempat memberikan tanggapan atas pembacaan hasil penampakan hilal oleh Badan Hisab Rukyat.

Perwakilan NU meragukan penampakan Hilal saksi mata di Clincing, Namun Menag menanggapi masukan tersebut dengan berjanji menggelar diskusi lebih lanjut mengenai masukan-masukan dari para hadirin sidang.

Menurut peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaludin, secara astronomi, penampakan hilal tersebut belum dapat dibenarkan.

"Kalau ada hilal hari ini hanya dipandang secara syar'i (berdasarkan keyakinan) sah, tapi secara astronomis ini sulit diterima," katanya dalam Sidang Isbath.

Berita Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video