Upacara HUT RI KE-65, Pengibaran Bendera Terbalik

Selasa, 17 Agustus 2010

KabarLinggau.Com - Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-65, Selasa (17/8) pagi di Manokwari Papua Barat, terjadi peristiwa yang sangat memalukan, bagaimana tidak, Pasukan pengibar bendera yang telah di latih berbulan-bulan oleh petugas tidak mampu menunaikan tugasnya dengan baik.

Bendera Merah Putih yang mereka kibarkan, saat ditarik, ternyata dalam kondisi terbalik. Bagian berwarna putih di posisi atas dan bagian berwarna merah berada di posisi bawah. "Memalukan sekali," ujar Eka Wati, warga Manokwari yang turut menyaksikan upacara itu.

Bukan hanya warga sekitar dan pasukan peserta upacara yang terkaget-kaget, peristiwa ini pun sepertinya pasti mengecewakan Inspektur Upacara Abraham O Atururi yang juga Gubernur Papua Barat serta Komandan Upacara Mayor (Inf) Robert Morin yang juga Kepala Staf Kodim 1703 Manokwari.

Menurut informasi , upacara itu diikuti perwira upacara Kapten (Inf) Irawan yang juga Kepala Seksi Operasi Kodim 1703 serta pengibar bendera Pedy Idowari, Fajar Rustam, dan Abdul Kadir serta Komandan Peleton Paskibra Letnan Satu Kadiwaru.

Menurut penyelidikan sementara, peristiwa memalukan itu murni karena keteledoran atau kelalaian pengibar bendera. "Memang benar pada saat upacara HUT Kemerdekaan di Manokwari tadi pagi, posisi bendera terbalik. Tetapi saat itu juga dibalik agar posisi merah di atas," ucap Komisaris Besar Wachyono, Jurubicara Polda Papua, Selasa (17/8/2010) usai mengikuti upacara di Lapangan Mandala Jayapura Papua.

Ia mengatakan insiden terjadi kemungkinan besar karena unsur keteledoran. Ia membantah adanya unsur sabotase.(SriP)

Berita Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video