Sejarah Blogger

Senin, 30 November 2009

Ada sesuatu yang kurang lengkap...apabila sebagai seorang seorang blogger baru seperti aku ini tidak menampilkan sebuah posting tentang sejarah dunia blog ini.Mudah-mudahan melalui posting sejarah ini bisa membuat aku terus belajar tentang arti dan makna dari jagad dunia per blog an ini.

Blog, kependekan dari Web Log, sebenarnya adalah merupakan diary online yang bisa dibaca oleh pengguna internet lainnya. hal inilah yang membedakan antara diary konvensional yang umumnya bersifat rahasia dan dimiliki oleh pribadi.

Media ini mulai dikenalkan oleh Pyra Labs pada 23 agustus 1999 dengan nama Blogger.com (untuk selanjutnya disingkat blogger). Pyra Lab merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Evan Williams and Meg Hourihan.

Pyra Labs menyediakan layanan ini secara gratis kepada penggunanya.sehingga tidak ada dana yang bisa diharapkan untuk masuk melalui layanan tersebut.Ketika perusahaan kehabisan dana, beberapa staf bekerja tanpa gaji dalam beberapa minggu, bahkan beberapa bulan. Dalam kondisi seperti ini akhirnya membuat para pegawai pyra labs mundur bersama-sama dengan salah satu pendirinya, Meg Hourihan. Akhirnya Evan Williams akhirnya menjalankan perusahaan ini sendirian sampai ia mendapatkan dukungan investasi dari Dan Bricklin, pendiri Trellix. Dari sana, kelangsungan hidup blogger mulai didukung oleh program iklan dan layanan blogger Pro yang berbayar. Pada tahun 2002, program akhirnya selesai disusun, setelah versi Beta-nya di kerjakan oleh Paul Bausch dan Mattew Haughey ketika mereka masih di Pyra Labs.
Salah satu perusahaan di Brazil, Gloo, Merupakan perusahaan pertama yang membeli lisensi software tersebut. Pada saat itu, penduduk brazil bisa mengakses layanan blogger dengan bahasa sendiri di blogger.com.br ( saat ini situs tersebut berubah menjadi blogger.globo.com). Pada tahun yang sama, majalah fortune menganugrahi Pyra Labs sebagai Fortune’s Coolest Media Company atau perusahaan media yang paling menarik pada tahun 2002.

Namun pada tahun 2003, perusahaan ini diambil alih oleh Google.com. Para staf Pyra Labs yang ada pada saat itu ditarik masuk kedalam google. Mereka adalah evan Williams, Jason shellen, Steve jenson, Jason Sutte, Jason Goldman dan Rudy Winnacker.

Pada tahun 2004, majalah PC Magazine menganugerahkan penghargaan “ people of the year” kepada evan Williams bersama teman-temannya yang ada di tim blogger.Mekipun pada tahun itu pula, Evan Williams memutuskan keluar dari Google dan membuat perusahaan sendiri.

Nantinya orang akan banyak mengenal Evan Williams sebagai CEO dari layanan twitter, sebuah layanan jejaring social yang saat ini sedang naik daun. Jason Goldman salah satu tim blogger dan manager produk blogger, juga menyusul keluar dari perusahaan mesin pencari terbesar di dunia.

Ditangan google beberapa fitur yang semula berbayar akhirnya di gratiskan seluruhnya. Bahkan melalui fitur picasa, pengguna blogger.com dapat menampilkan foto-fotonya di dalam media tersebut. Bahkan pada tahun 2006, google mengadakan perubahan cukup besar di dalam blogger, terkait dengan desain blog yang sesuai dengan standar web terbaru, arsip individual untuk masing-masing artikel, komentar dan penulisan melalui email.

Setelah semuanya selesai, blogger.com kemudian dipindahkan dan dijalankan sepenuhnya dalam server google pada tahun 2007. bahkan saat itu, blogger di kembangkan dengan manambahkan beberapa fitur baru seperti label, tampilan pengaturan tata letak dengan fitur drag-and-drop, izin pembaca blog dan lain-lain. Fitur – fitur baru selalu dikembangkan untuk mamanjakan penggunanya, terutama bagi orang yang mempunyai latar belakang pemrograman (seperti aku).

Berita Terkait:

9 komentar:

Ocim mengatakan...

Lengkap om ceritanya, saya baca2 dulu deh

Jaka Utama mengatakan...

suka blogger tapi
tidak tahu sejarahnya
hihihihih :D

Uda Arif mengatakan...

emang mas buat dibaca2

asep canda mengatakan...

owh gtu ya ceritanya hehehehhe
baru tau ane

fatra mengatakan...

Waw,...
Nice !!!

INFORMASI PETERNAKAN AYAM mengatakan...

wah begitu ya ceritanya,
saya mulai buat blog baru2 kemarin lah, tetapi kalau mengenai kisah bloggger, sungguh baru kali ini... hmmmmmm

terimakasih mas atas informasinya..
salam

jaya mengatakan...

keep posting... salam blogger

masterGOmaster mengatakan...

mantaab informasinya sob aku jadi lebih tahu nih.thank for sharingnya ya.sukses selalu

Ronaldo Rozalino mengatakan...

OOOh baru tahu jadinya nih maklum pemula!

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video