PDAM Muara Enim : Tarif air naik hingga 36 persen

Selasa, 03 Agustus 2010

Muara Enim, KabarLinggau.Com - Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan bahan kimia untuk mengolah air baku menjadi air minum bersih memaksa PDAM menaikkan tarif baru hingga 36 persen.

"Bila tarif tidak di sesuaikan, maka subsidi yang harus di berikan ke konsumen makin membebani perusahaan," ujar Dirut PDAM Lematang Enim, H Mirza Jaya, SE, kemarin.

Perlu di ketahui, biaya produksi pada 2009 sudah mencapai Rp4.460 permeter kubik. Sementara harga jual ke konsumen di patok Rp1.800 permeter kubik. Jadi perusahaan harus memberikan subsidi Rp2.660 per meter kubik." Setelah TDL naik di perparah naiknya harga bahan kimia, PDAM terpaksa menaikkan tarif baru yang akan diperlakukan 1 agustus ini dengan besaran Rp2.500 per meter kubik. dengan tarif baru ini, perusahaan masih memberikan subsidi ke konsumen Rp1.960 per meter kubik, jelasnya.

Dikatakannya, "penerapan tarif di berlakukan bertingkat. "Makin banyak konsumen memakai air bersih, maka biaya yang harus di bayar makin tinggi. Hal ini di lakukan agar bisa memberikan subsidi ke pada pelanggan lain yang pemakaiannya lebih rendah, katanya.

Pemberlakuan tarif baru juga di berlakukan pada penjualan air bersih dengan menggunakan armada mobil tangki. "kalau semula harganya satu mobil tangki kapasitas 4 m3 Rp60.000 kini naik menjadi Rp100.000, ujarnya.

Sementara itu, khusus pelanggan di gunung megang, pendopo dan sekitarnya tetap di berlakukan tarif lama."meski tak naik, hal ini akibat adanya pemberlakuan tarif khusus.perlu di ketahui harga air bersih di pendopo dan sekitarnya jauh lebih mahal di banding konsumen di kota Muara Enim dan sekitarnya. Sebagai perbandingan, jika air bersih di kota sebelumnya Rp1.800 dan sekarang Rp2.500 per M3. Khusus pendopo di jual Rp6.000 per M3."tarif tersebut berlaku sejak 2008. Tingginya tarif air bersih di pendopo di lakukan karena biaya produksinya jauh lebih mahal, "imbuhnya.

Sum: Sumeks

Berita Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TERKINI

Kabar Video